You are currently viewing <strong>PENGARUH MASUKNYA INJILI DI MANSINAM TERHADAP PERDAMAIAN DAN TOLERANSI DI TANAH PAPUA</strong>

PENGARUH MASUKNYA INJILI DI MANSINAM TERHADAP PERDAMAIAN DAN TOLERANSI DI TANAH PAPUA

Istilah injili sendiri berasal dari kata Yunani euangelion yang artinya ‘’ kabar baik dan euangelion yang memiliki arti mengambarkan sebagai berita baik.(gotqustion.org).injil adalah berita baik tentang yesus kristus.jadi dapat disimpilakan bahwa injili adalah   kabar baik  atau kabar gembira tentang yesus kristus(Malaysia gospel.org). Berita atau Kabar baik tentang Yesus kristus,dibawa oleh kedua penginjil ottow dan Geisler,dipulau  .Mansinam adalah batu loncatan pertama bagi kehidupan orang papua terlebih khusus bagi aliran agama Kristen protestan yaitu gereja Kristen injil atau biasa disebut dengan (GKI ) dan di  mansinam juga   kita belajar dari kehidupan dua penginjil yaitu ottow dan geiseler.yang mengajarkan ketrampilan yang dikuasai mereka berdua.kepada masyarakat setempat dengan beradaptasi dengan mereka dan dibantu oleh orang-orang yang berbeda dengan kenyakinan mereka berdua ,secara agama tetapi mereka semua tetap hidup secara berdampingan.dan saling menolong dan tetap menjaga perdamaian.oleh karena itu dapat dikatakan bahwa mansinam adalah rumah kita Bersama.

Rumah kita Bersama adalah Mansinam sebuah pulau yang menjadi berkat bagi  bagi semua warga masyarakat  yang ada di papua pada saat itu dan sekarang  ,kita Kembali melihat bagaimana awal nya sampai  tolenransi dan rasa   damai yang ada pada saat kedua penginjil  mulai diperintahkan oleh dewan gereja yang ada di Jerman,dan mengutus  ke pulau mansinan   Ia memerintahkan pegawainya untuk membantu  mereka berdua melakukan perjalanan sampai ditidore,dan sampai disitu mereka di bantu oleh sultan tidore dengan  memberikan perahu layar untuk mengantarkan mereka ke pulau mansinam.peristiwa ini yang membuat hubungan antara umat beragama selalu terjalin dengan baik dan damai.Damai bearti keadaan  atau suasana yang tenang dalam menjalani hubungan dengan diri sendiri dan juga orang lain  yang ada disekitar ,jadi hubungan antara tolenransi dan perdamaian adalah suatu keadaan atau Tindakan dimana kita dapat menerima seseorang dengan perbedaan. Salah satu media memberitakan bahwa wakil presiden bapak maafruf amin akan mengikuti perayaan ibadah masuknya injili ditanah papua tahun ini. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa  mansinam  Pulau  yang sangat  besar pengaruh  ditanah papua,Mengapa demikian karna  dipulau ini  terbitlah suatu cahaya yang terang yang membawa harapan bagi kami masyarakat papua terlebih khusus untuk dominasi gereja Kristen injili ditanah Papua/(GKI) yang dulunya hidup dalam kegelapan tetapi Tuhan membuka tabri hidup masyarakat   yang ada di Papua  dan dunia.bahwa  kami mengenal Tuhan Allah pencipta yang menciptakan dan mengubah hidup,orang masyarakat yang di Papua,Sampai saat ini. Mansinam juga adalah  pulau yang indah yang dimana cahaya kristus menerangan semua kehidupan masyarakat papua pada saat itu dan sekarang.Dimana masuknya injil ditanah papua.pada tgl 5 februari 1955 yang dibawa oleh kedua penginjil yang berasal dari jerman Carl Wilhelm Ottow dan Johann Gottlob Geissler .

            Mansinam menjadi berkat bagi tanah papua karna dari tempat inilah  mulai cahaya kasih kristus diwartakan,dan damai kristus dinyatakan bagi masyarakat Papua. dan damai itu harus di pertahankan dan ,harus dusahakan melalui tindakan yang baik dan dapat dilakukan  dengan cara saling,menghargai,menghormat,  dan bertoleransi dengan sesama orang yang berbeda ras,suku agama. Menurut presiden Ke empat  Negara Republik Indonesia   bahwa  tolenransi  dan perdamaian dan pluralisme sangat perlu laksanakan dalam dalam menjalankan roda kehidupan di tanah papua ,dan bagaimana pengaruh masuknya injili di mansinam terhadap perdamaian dan toleransi di tanah papua.dan nilai-nilai yang terkandung didalam injili,toleransi dan perdamaian :

  1. Nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam injili menurut(https://brainly.co.id)
  2. Kebenaran ialah sesuatu  tindakan yang bersifat mutlak yang berasal dari yesus kristus sendiri
  3. Kesalehan adalah salah satu sikap seseorang untuk dapat rendah hati
  4. Kekudusan  adalah hidup bersih dan suci didepan mata Tuhan
  5. Kesetiaan adalah sabar
  6. Keutamaan adalah hal yang paling penting
  7. Kasih adalah sikap atau perbuatan saling memberi
  8. Nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam toleransi (hhtp:// repository.lainambon.ac.id)
  9. Mengakui hak orang lain
  10. Mengakui keyakinan orang lain
  11. Setuju dalam perbedaan
  12. Saling mengerti
  13. Nilai-nilai yang terkandung dalam perdamaian (https://peacegen.id)
  14. Menerima diri sendiri artinya dapat menerima diri sendiri
  15. Menghapus prasangka artinya tidak cepat curiga terhadap orang lain sebelum kita mengetahui kebenaran
  16. Keragaman etnik,berbeda suku
  17. Perbedaan agama, berbeda keyakinan
  18. Perbedaan gender laki-laki dan perempuan mempunyai hak yang sama,tetapi harus sesuai dengan noram-norma yang berlaku
  19. Perbedaan status sosial. Berbagai macam pekerjaan-pekerjaan yang dimiliki 
  20. Perbedaan kelompok
  21. Merayakan keberagaman
  22. Memahami konflik
  23. Menolak kekerasan
  24. Mengakui kesalahan
  25. Memaafkan orang laian artinya mengampuni orang yang bersalah kepada kita

Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan masuknya terang kristus dipulau mansinam dapat berpengaruh  didalam kehidupan masyarakat dipapua,kalua kita semua memahami bagaimana kita melakukan Tindakan atau perbuatan yang baik dalam memjalan toleransi dan perdamaian adalah dengan melakukan Tindakan nyata dan ,bukan hanya dengan berbicara saja,mulailah dengan berusaha  menerima perbedaan dan hidup secara berdampingan.Contoh-contoh Tindakan atau perbuatan yang sesuai dengan injii,dan dapat dilakukan dengan bertoleransi dan perdamaian adalah sebagai berikut:

  1. Salah satu bentuk toleransi yang ada tanah papua  pemerintah memberikan salah perhargaan kepada provinsi  papua  dengan memberikan penghargaan  kepada kabupaten biak Nomfur peringkat dua nasional kehidupan toleransi beragama.ditanah. ini salah satu pengaruh dari bentuk nyata dengan adalah injil atau kabar baik yang dipulau mansinam,berpengaruh kepada semua masyarakat yang ada ditanah papua  yang hidup saling berdampingan, dengan memahami perbedaan suuku,ras dan agama.cara pandang yang sangat berbeda. Dan penuh dengan rasa kebersaaman atau tolenransi yang dirasakan karna ada rasa damai dan hidup Bersama dengan baik denagan umat yang berbeda agama ini adalah salah satu bentuk toleransi antara umat beragama.
( foto perayaan Natal Bersama dengan umat yang beragam lain di kabupaten Biak Nomfor)sumber Papua.ANTARANEWS.COM(SENIN.26 DESEMBER 2022,11:36)
  1. Salah satu Tindakan toleransi  yang tidak membedakan suku,Ibu Dra.Hj.KhofifahI ndra Prawansa M.Si.tanpa melihat etnik,suku,ras.menjadikan mereka anak-anak asuhnya.
FOTO BERSAMA Dra.Hj Khofifah Indra Prawansa,Msi Bersama anak-anak sekolah SD,Al. Maaruf kampung Maibo provinsi PAPUA BARAT DAYA,KABUPATEN SORONG (Sumber:kumparan .com,27 Januari 2023,16;07)
  1. Salah satu bentuk perdamaian adalah perbedaan keragaman,atau memiliki agama yang berbeda dari dalam satu keluarga. keluarga tempat yang paling pertama kita belajar dan juga mempratekakan toleransi yang tinggi dimana kelurga ini memmilki agama  berbeda,di saat hari-hari raya wajib ada saling silaturami,dan disini toleransi itu ada,dimana harus menerima perbedaan agama,dan saling hidup Bersama dan damai.kunjungan kepada saudara yang berbeda agama merayakan Idul Fitri.

Regina Okowally atau nama lengkap saya Regina okowally.S.Pd saya  lahir dari  di sentani 16 februari 1988.saya anak 3 dari 7 bersaudara.ibu saya Bernama Marthina Suwae (almarum) dan Bapa saya bernama Yosias Okowally,pekerjaan orangtua ayah saya pensiunan dinas Kesehatan provinsi papua dan  guru taman kanak-kanak yang mengabdi di kabupaten jayapura provinsi papua.,Menulis adalah kegiatan yang paling saya sukai mulai dari kls 1 smp, sedikit bercerita saya suka sekali dengan menulis semua kejadian  yang terjadi disekolah,dirumah ditelevisi,digereja dan dimanapun saya berada. Saya suka menulis dikertas, tulisan dibuku diari adalah tulisan yang  berkaitan dengan  ajang nyanyi afi yang ada di salah stasiun tv indosiar dan simpan  dimana mulai dari sesion pertama, saya catat semua hari,tanggal,nama juri,judul lagu yang dibawa oleh peserta afi,dan juga peserta yang harus pulang, dan  selain menulis saya suka dengan   membaca,jadi menulis dan membaca adalah suatu aktivitas yang saya senang untuk melakukannya.buku-buku yang sudah pernah  saya baca adalahnya The Mom Factor ( faktor Ibu) berhubungan dengan ibu yang pernah anda miliki,yang tidak pernah anda miliki , atau yang masih anda dihadapan anda, Rahasia tentang kehidupan yang harus diketahui setiap Wanita (secrets about life every woman  should know)  sepuluh prinsip untuk pemenuhan emosional dan spiritual total. Dan masih banyak buku  lagi yang lain.membaca tulisan orang lain itu adalah sesuatu yang akan mengubah cara berpikir,cara bertindak  dalam memahami diri sendiri dan juga orang lain yang ada di sekitar kita. Dan dengan  membaca kita dapat menulis,dan ada salah satu yang saya sukai adalah  kegiatan yang bersifat kreatif maksudnya adalah membuat sesuatu hal yang  baru dengan  membuat ketrampilan dari barang-barang bekas atau sampah yang bisa digunakan untuk menjadi suatu barang atau benda yang bisa mempunyai nilai jual.

Saya menempuh pendidikan  Taman Kanak- Kanak di Kemala Bhayangkari sentani dan melanjutkan sekolah  di SD  Inpers Sereh Sentani sampai lulus.dan melanjutkan smp di Smp Negri 1 Sentani,,dan  melanjutkan Sma Yppk Santo Antonius aouinas wamena.dan melanjutkan ke universitas Negri Musamus Merauke.diFakultas FKIP jurusan Pendidikan Guru Pendiikan anak usia dini dan menyeesaikan  dan mendapat gelar  s.pd tahun 2021.saya Berstatus menikah,memiliki suami dan 3  orang anak yang selalu menjadi penyemangat dalam kehidupanku dan  beragama katolik,alamat. Tinggal sekarang .jln mopah lama Merauke papua dan pekerjaan saya adalah seorang ibu rumah tangga..dan yang menjadi motto dalam kehidupan perbadi saya adalah doa salam maria ‘’ Salam Maria Penuh Rahmat Tuhan Sertamu Terpujilah Engkau Diantara Wanita Dan Terpujilah Buah Tubuh Mu Yesus,Santa Maria Bunda Allah Doakanlah Kami Yang Berdosa Ini Sekarang Dan Waktu Kami Mati Amin.dan nama suami saya yersi yohanis duet anak pertama saya Yohana violetha duet metemko dan anak kedua saya adalah kembar sepasang yosias natalis Duet dan anggelina Natalia Duet,mereka adalah orang-orang yang sangat istimewa dalam kehidupan saya.

TULISAN TANGANKU

 Menulis adalah suatu cara untuk mengekspresikan perasaan,yang kita alami kedalam suatu media,buku,kertas,hp,laptop dan berbagai media yang lainnya.ini  adalah salah satu tulisan yang  saya buat bagi teman saya yang telah meninggal  minggu, 25 September 2021 yang  berjudul :

SELAMAT JALAN SAHABAT ROHANIKU

Kau selalu ada untukku

Kau selalu menguatkanku

Cerita-ceritamu selalu menguatkan imanku

Pengalaman imanmu ,membuat aku selalu bertumbuh dalam iman

Hari-harimu selalu dengan doa

Hari-harimu  Selalu dengan nyanyian

Mengapa aku menamaimu sahabat rohaniku karena pengalaman imanmu

menguatkan imanku

Trimakasih sahabat rohaniku

  • Semoga Allah  Bapa ,Allah Putra ,Allah Roh Kudus melalui perantaraan Bunda Maria,dosa-dosamu diampuni dan mendapat tempat yang layak disisi kanan Allah Bapa di Surga dan menjadi pendoa bagi sahabat rohanimu

DOA DAN KETENANGAN

(@ Kanekld Seran) aplikasi Tik-Tok.18 September 2021

Doa itu tempat cerita terbaik, seperti ibu

Ceritamu tak akan dipamerkan

Lukamu juga tak akan ditertawakan

Walau saat itu kamu tidak menerima

Apa yang kamu inginkan,

Setidaknya kamu akan berselimutkan ketenangan…..

Tuhan Sayang

Kebesaran hati seseorang dapat dilihat dari kemampuannya

Dalam memanfaafkan orang lain

Pengampunan adalah cara balas dendam paling manis

Orang lemah membalas dendam

Orang kuat memberi maaf

Mengampuni orang lain bukan karena mereka pantas mendapatkan Pengampunan

Tetapi karena anda pantas mendapatkan kedamaian

Tinggalkan Balasan