You are currently viewing BELAJAR DARI BUAH MATOA

BELAJAR DARI BUAH MATOA

by Wira Jaya Silaban

Teman-teman, tau tidak bahwasannya buah matoa adalah buah yang terbilang cukup unik loh, buah yang hanya Tumbuh diwilayah timur Indonesia tepatnya dipapua dan sekaligus buah ini menjadi salah satu buah khas dari Papua dan akan hanya kita jumpai di Papua saja, jikalaupun ada didaerah lain itu Sumber: Higar Agro merupakan hasil distribusi yang diperdagangkan dari papua ke daerah lain.

Nah, ngomong-ngomong tentang buah matoa ini selain keunikannya hanya tumbuh dipapua buah ini juga memiliki keunikan yang sangat luarbiasa dibandingkan buah yang lain, yaitu memiliki tiga rasa sekaligus jadi satu buah mewakili tiga rasa, yaitu rasa Kelengkeng, Rambutan dan Durian sehingga menjadikan buah ini lebih nikmat untuk dimakan, Jadi, disaat kita memakan buah ini kita seakan-akan sedang memakan kelengkeng, rambutan dan durian sekaligus itulah yang membuat buah ini menjadi lebih segar, nikmat dan banyak diminati oleh banyak orang.

Tapi, Kita tidak sampai disini guys, jadi, jika buah matoa menjadi lebih nikmat karena menggabungkan 3 rasa buah yang berbeda sekaligus, dan hal itu bukan malah membuat rasa buah matoa menjadi hambar, lalu apakabar dengan kita yang selalu bersifat primordial terhadap orang lain yang memiliki perbedaan dengan kita ? bukankah itu sebuah keindahan dan keunikan bagi kita ? lihatlah manusia pertama saja Tuhan ciptakan berbeda yaitu laki-laki dan perempuan dengan Tujuan mereka menjadi satu dan bukan menjadi satu sama lain, lihatlah pelangi yang hadir setelah turunya hujan dia indah karena warna-warni yang dia miliki bukan ? maka tidak ada kata musuh ditengah-tengah perbedaan kita tidak ada kata Orang asing ditengah-tengah perbedaan kita. Indonesia Terkenal dengan  keberagamannya, hal ini bisa kita lihat dari berbagai situs-situs yang menjadi kebanggaan Negara kita dikancah Internasional. Negara dengan beragam suku, Agama, Budaya, Ras dan Lain Sebagainya, Namun sekalipun kita lahir dengan banyak perbedaan tetapi Negara kita tetap akur, tentram dan Damai Itulah yang diherankan dan menjadi penilaian positif Negara luar terhadap Negara kita.

Namun tidak cukup sampai di penilaian tersebut kita memang benar-benar mewujudkan Negara kita Negara yang Damai. buang segala ego kita terhadap orang lain, sifat kita yang suka membeda-bedakan, jauhi hal-hal yang berbau radikalisme dan terorisme yang mau mengacaukan Negara kita lewat berbagai trik-trik bagaik berupa tindakan langsung maupun tidak lansung sepert contoh Indoktrinasi yang menggunakan metode baru yang kadang-kadang halus dan tidak terasa , sangat kekinian, pendekatan yang akrab yang kadang menyentuh hati kita tetapi pada akhirnya mempunyai tujuan ingin  memecah belah kita semua. So, kita harus lebih smart lagi iya teman-teman jangan mau dipecah belah, jangan mau diprovokasi, Ingat perbedaan memang sudah ada sesuai kodratnya  tetapi perbedaan bukan untuk dipermasalahkan tetapi untuk saling mengisi satu sama lain dengan penuh pengertian dan saling mengingatkan. SALAM DAMAI  

Tinggalkan Balasan