You are currently viewing Saling Mengisi & Menerima

Saling Mengisi & Menerima

Papua Barat memiliki potensi sumberdaya alam yang luar biasa berupa keunikan gunung, danau, laut, dan keanekaragaman hayati. Papua Barat adalah Provinsi yang terletak di bagian paling Timur Indonesia, yang diberkahi dengan tanah yang kaya akan sumber daya alam, kaya akan Suku, Budaya dan Ras yang berbeda. Sekalipun banyak keberagaman yang ada papua barat tidak menjadi suatu pembeda bagi anggota masyarakat untuk hidup berdampingan. Kaya akan perbedaan menjadi keunikan tersendiri dikota ini, bagaikan bunga-bunga ditaman menjadi indah karena banyaknya warna-warni bunga yang menjadikan taman tersebut menjadi menarik.

Hidup berdampingan tanpa adanya Perilaku Primordialisme itulah yang kami rasakan selaku tamu yang datang di kota ini. Kita diterima dengan sangat baik dan menjadikan kita sebagaimana layaknya kakak adik yang selalu hidup saling menyanyangi dan saling mengasihi untuk terus tumbuh dan maju bersama-sama. Kesan yang baik yang kita dapat sejak awal kita datang ke Papua adalah kesan yang sangat baik, dan itulah yang terus melekat dalam hati kita tersendiri, tidak hanya di awal, sejauh kita tinggal di kota ini hingga detik ini kita selalu mendapat perlakuan yang baik dan diperlakukan sama dengan saudara kita penduduk Asli Papua. Kita dirangkul dengan penuh kasih dan ketulusan baik di tengah-tengah masyrakat, dan Pemerintahan.

“Sedekat Sahabat Sehangat Keluarga“ Fix, Ungkapan rasa yang paling dalam dari hati kami yang hidup dan tinggal di tanah ini. Tingginya rasa toleransi yang dimiliki oleh setiap masyarakat menjadikan kota ini menjadi kota yang Damai, tentram maka tidak heran ketika papua barat disebut kota dengan tingkat kerukunan tertinggi di papua barat. Jelas, Hal ini terjadi karena tingginya rasa toleransi yang dimiliki oleh masyrakatnya, tidak menganggap bahwa suku yang berbeda dengan sukunya adalah musuhnya, mengapresiasi setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh suku-suku lain, tidak menjadikan fisik menjadi faktor pembeda antara suku papua dengan suku lainnya, tidak menganggap bahwa kepercayaan yang dianutnya adalah kepercayaan yang paling benar, tetapi sama-sama menekuni setiap Kepercayaan yang dianut masing-masing.

Pada Tahun 2019 Kementrian Agama menyatakan bahwa Provinsi Papua Barat sebagai daerah yang paling toleran dengan pembuktian dari skor yang didapat 82,1 dari nilai maksimal 100 dan nilai tersebut merupakan nilai tertinggi dari provinsi lainnya. Selain itu juga Wakil Presiden Republik Indonesi memberikan apresiasi di Papua Barat sebagai Provinsi yang terus menjunjung toleransi antar sesama baik suku, budaya, dan ras. Dari berbagai apresiasi sekaligus penilaian baik dari pemerintah maupun daerah-daerah lainnya menjadi bukti yang secara relefan menjadi kebanggaan dan Keunikan Papua Barat yang terus dijaga dan dipertahankan hingga sampai saat ini.

Secara konkret bukti dari tingginya toleransi dipapua barat dapat kita lihat dari beberapa contoh seperti berikut ini :

Adanya Pembangunan Tongkonan Toraja yang berdampingan dengan Rumah Kaki seribu yang dibangun di papua barat, dan rencana Pembangunan Rumah Bolon yang merupakan rumah adat dari Etnik suku Batak, secara logika jika masyrakat menganggap bahwa suku yang lain bukan saudara ataupun keluarga mereka mungkin pembangunan tersebut tidak akan pernah terealisasi hingga saat ini, akan tetapi karena adanya toleransi dari masyrakat yang mau menerima masyarakat yang lain dengan baik dan menjadikan seperti saudara sendiri sehingga hal tersebut dapat direalisasikan dipapua barat. Nah, dengan adanya bukti ataupun bentuk yang merupakan hasil dari toleransi ini maka hal itu dapat memberikan nilai keindahan dan keunikan di provinsi papua barat yang kemudian Tanah ini terus menuai pujian dan hasil dari Toleransi ini menghasilkan buah yang ramai yang sifatnya Positif terhadap Kehidupan Masyrakat Papua Barat.

Article By Wira Jaya Silaban

Tinggalkan Balasan